LPPM BSI YOGYAKARTA GELAR SEMINAR IT, ETHICS, REGULATION, AND CYBER LAW JILID II DAN DAPAT PENGHARGAAN

cyber 2

 

Setelahsukses menyelenggarakan Seminar IT, Ethics, Regulation, and Cyber Law pada tahun 2013 lalu Bina Sarana Informatika (BSI) Yogyakarta melalui LPPM BSI Yogyakarta kembali menggelar seminar tersebut dengan tajuk yang sama IT, Ethics, Regulation, and Cyber Law Jilid II. Masih seantusias tahun lalu, seminar yang diselenggarakan 20 November 2014 di Harper Mangkubumi Hotel Yogyakarta ini diikuti oleh ratusan peserta dari perwakilan Kepolisian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, pelajar SMA/SMK, Guru, Komunitas Blogger Jogja, Perwakilan PTN/PTS Se Yogyakarta dan Jawa Tengah serta masyarakat umum.

Kali ini BSI Yogyakarta menghadirkan beberapa pembicara yang kompeten di bidangnya, Kombes Pol Kokot Indarto selaku Direktur Ditreskrimsus POLDA DIY, Nanik Kushartanti, SH., MH., dari Kasi Eksekusi dan Eksminasi Pada Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati DIY Kejaksaan Tinggi DIY, Dr. Mochamad Wahyudi, MM., M.Kom., M.Pd., CEH., CHFI., dan AKP Donny Zuliyanto, ST., SH., Panit 2 Unit B Subdit III TiPidTer Ditreskrimsus Polda DIY. Keempat narasumber tersebut masing-masing menuturkan materi dan gagasannya sesuai bidangnya masing-masing.

Naba Aji Direktur BSI mengatakan bahwa seminar ini akan rutin diadakan sebagai salah satu perwujudan kepedulian BSI terhadap dinamisme lingkungan yang terjadi karena kecanggihan teknologi informasi, sebagai bangsa Indonesia harus siap ketika memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di 2015 nanti, selain itu BSI sebagai Perguruan Tinggi turut membantu kinerja Kepolisian dari bidang akademis sesuai kompetensi yang dimiliki.

Direktur Ditreskrimsus POLDA DIY Kombes Pol Kokot Indarto dalam sambutannya pun menyambut antusias acara ini, dimana acara ini dapat menjadi salah satu solusi dalam mengedukasi masyarakat luas mengenai kejahatan cyber dan pencegahannya, dengan personil Reskrimsus yang terbatas saat ini Kokot mengharapkan acara seperti ini dapat diselenggarakan secara rutin dan luas, agar semakin banyak masyarakat yang memahami mengenai kejahatan cyber dan tentunya mengetahui isi UU ITE serta hukuman yang ada atas pelanggarannya.

Pakar IT yang juga Pudir 1 BSI, Mochammad Wahyudi menilai kejahatan cyber crime atau melalui komputer terutama media sosial harus sebisa mungkin dihindari. Meski banyak modus kejahatan dengan akun palsu tetapi pelaku tetap bisa dilacak. Selama ini kejahatan yang dilakukan dengan tak disengaja bisa berdampak hukum apa lagi dengan adanya niat berbuat jahat.

Sementara Nanik menyatakan, umat manusia saat ini memang tak bisa dilepaskan dari perkembangan informasi teknologi terutama internet. Tetapi pelanggaran IT bisa merugikan banyak pihak. Sehingga sebagai penuntut umum harus tegas melakukan penindakan apalagi sudah masuk ke perbuatan pidana. Ia mengimbau agar pemanfaatan informasi dan transaksi elektronik (ITE) harus memiliki itikad baik dan kehati-hatian.

Dari sisi teknis AKP Donny menjelaskan mengenai definisi cyber crime dan bentuk-bentuknya serta penanggulangannya, sehingga masyarakat mengetahui kategori apa saja yang masuk dalam pelanggaran yang dapat berakhir di jalur hukum.

Materi yang menarik dari narasumber membuat peserta tidak dapat membendung rasa ingin tahunya, nampak dengan pertanyaan saat diksusi yang sangat banyak. Pertanyaan paling banyak datang dari pelajar, dimana mereka mendapat pengetahuan baru tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat mereka bersinggungan dengan teknologi informasi, bahkan sampai hal sepele seperti menggugah status melalui media sosial yang dimiliki.

Pada kesempatan ini pula, BSI Yogyakarta mendapat penghargaan dari Kepolisian Daerah DIY sebagai Perguruan Tinggi yang mendukung kegiatan peningkatan kemampuan sumber daya manusia POLRI, penghargaan berupa piagam diserahkan oleh Kombes Pol. Kokot Indarto yang diterima oleh Ir. Naba Aji Notoseputro sebagai Direktur BSI. Selain penghargaan kepada BSI Yogyakarta, secara khusus POLDA DIY memberikan penghargaan kepada Diah Pradiatiningtyas, SE., M.Sc. dosen BSI Yogyakarta atas pengabdiannya memberikan kegiatan peningkatan kemampuan sumber daya manusia POLRI berupa Public Speaking yang dilaksanakan pada bulan sebelumnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>