Ringgo

Disebuah tempat yang begitu asri, didaerah Depok, Pesona Muda mendapatkan kesempatan untuk ngobrol santai dengan seorang cowok yang kocak abis disela-sela syuting serial tv “Jomblo”. Ehm…siapa gerangan cowok tersebut? Sebut nama dia Ringgo pasti semua orang langsung terbayang dengan logat Sunda dan tingkahnya yang polos di Film Jomblo. Yuk kita simak obrolan santai dengannya…

Pesona Muda: Ceritain sedikit mengenai masa kecil Mas Ringgo!
Ringgo: Masa kecil gw sangat bahagia, gw anaknya bandel tapi gw pinter, gak mau belajar, dan selalu menganggap pelajaran SD gak ada gunanya. Hidup gw berpindah-pindah dari satu kota ke kota lain seperti Semarang (tiba-tiba gurunya ngajar pake bahasa Jawa jadi gak ngerti nah jadi males sekolah dan gak dapat rangking lagi) dan Cirebon, karena musti ikutin Papa dinas (seorang tentara). Papa itu orangnya keras tapi baik dan gak pernah main pukul anaknya hanya bentak aja, nah kalau Mama galak (Kalau kita gak mau makan kita bisa dicubit..wadugh..). Tapi Mama itu sebenarnya baik dan sayang ma anak-anaknya. Masa kecil, SMP, SMU dan Kuliah diabiskan di Bandung. Gw diajarin hidup disiplin, sederhana dan gak boleh bergantung ma orang lain, pokoknya kalau mo apa-apa harus berusaha sendiri. Lihat mainan di supermarket, sampai nangis juga gak akan dibeliin. Gw punya pengalaman waktu kelas 1 SD, sekali gw nyobain Fried Chicken gw ketagihan dan pertamanya sih dibeliin ma Bokap gw, tapi lama-lama gak dikasih. Cuma kalau ada rezeki dibeliin, bukannya susah tapi mang Mama ngajarin anak-anaknya biar makan dirumah dan gak makan sembarangan. Sampai-sampai punya cita-cita jadi bintang Friend Chicken biar bisa makan gratis setiap saat, sampai ngumpulin duit buat beli fried chicken…hehehe. Sampai gw gede kalau pengen suatu barang, gw ngumpulin uang biar bisa beli barang tsb, dan kalau belanja gak pernah beli yang mahal. Bokap mang gak ngajarin hidup mewah, dari kecil kemana-mana biasain naik angkot sampai kuliah. Gw pengen buat suasana dikeluarga gw itu ketawa-tawa, misalnya minta duit ke Nyokap (pakai logat Arab), “Alhamdulilah  Ma, kalau misalnya Mama mo ngasih duit ke aku, nanti Insya Allah Ma kalau ikhlas dibayar berkali-kali lipat sama Yang Diatas, ikhlas Ma..ikhlas” dan kalau dikasih 50 ribu, “masa 50 ribu, coba 100 ribu biar ikhlas..berkali-kali lipat..ikhlas ma ikhlas.” Ya kayak gitu dan nyokap gw ketawa-tawa sambil ngasih duit ke gw. Pokoknya gw sayang ma Mama (Love you Mom…), apalagi sekarang gw tinggal di Jakarta (pindah ke Jakarta awal tahun 2006) sendiri, jauh dari Orang Tua (tinggal diBandung). Setiap gw ke Bandung, pasti Nyokap gw selalu bilang, “Eh baru pulang (sambil meluk dan mencium gw), seneng banget disayang”. Kl gw bilang minta dibuatin masakan, terus dibuatin ma mama.

Pesona Muda: Awalnya Mas Ringgo terjun ke dunia entertainment
Ringgo: Awalnya tahun 2003 gw kerja diradio OZ Fm (jadi penyiar), katanya gw cocok jadi penyiar karna gw anaknya bawel. Sampai akhirnya seorang sutradara handal Hanung Bramantyo datang ke OZ buat promosi film “Catatan Akhir Sekolah”, dan ternyata gw ditawarin buat casting, gw pikir gw dapat peran kecil, gak taunya gw dapet peran utama dalam Film Jomblo..sumpah gak kebayang, gw kan sama sekali gak punya basic acting. Alhamdulilah responnya sebagian positif dari situ merambah sampai sekarang deh.

Pesona Muda: Kemarin kan baru aja dapat penghargaan sebagai “Pendatang Baru Terbaik”, gimana perasaannya dan certain dikit dunk..
Ringgo: Seneng banget, gw adalah orang yang gak pernah mempunyai tujuan, gw gak pernah kerja ini itu hanya untuk mendapatkan sebuah penghargaan, gw gak pernah merencanakan ini semua, kalau gw cuma melihat apa yang ada didepan gw, kerjaan gw jalani sepenuhnya dan gw gak tau ukuran yang bagus itu kayak gimana. Gw lakuin apa yang harus gw lakuin menurut sutradara gw, gw ikutin semua perintah sang sutradara. Misalkan sampai akhirnya gw dapat penghargaan gw seneng banget. Sebenarnya yang harus mendapatkan penghargaan itu ya sutradaranya itu ya Mas Hanung (thanks alot ya Mas!!), karena yang menuntut gw menjadi berpenampilan seperti itu adalah dia. Gw seneng banget film pertama gw yang gw gak pernah nyangka akhirnya mendapat penghargaan.

Pesona Muda: Punya pengalaman menarik selama kamu mendalami dunia entertainment?
Ringgo: Bisa ketemu ma temen-temen baru yang dulu hanya bisa diliat dari layar kaca, dari yg tadinya gak kenal jadi kenal, semua yang sekarang gw jalani buat gw jadi hal yang menarik.

Pesona Muda: Senang gak kamu mendapat predikat artis?
Ringgo: Gw gak mau dibilang artis, gw geli kalau orang-orang nyebut gw artis, Ringgo ya Ringgo, hanya manusia biasa.

Pesona Muda: Pernah merasa cinlok kah? Terus tipe cewek yang kamu idamkan dan apakah kamu dah punya kekasih?
Ringgo: Gw gak pernah cinlok jangan sampai deh. Gw gak tertarik punya pacar dari kalangan artis, gw lebih tertarik ma orang biasa (kuliah, penyiar, kerja di majalah…hehehe masuk kriteria nih:P, cewek yang aktif banget) dan cewek yang gak manja. Cewek gw orang Bandung (temen kampus), gw pacaran ma dia udah setahun. Hubungannya sekarang udah mulai ribet, cinta gw ngambang dan gw pernah diselingkuhin ma cewek gw didepan mata gw (cewek gw ciuman didepan mata gw) ancur hati gw dan kebetulan besok gw musti syuting, untungnya adegan sedih dan gw nangis, orang boleh bilang pake tetes mata, gak ada ekspresi itu dari hati “deep down inside” (berkata dengan penuh semangat dan menampakkan ekspresi sedih..sabar ya Gus) menangis..ya seperti itulah..gw pengen putus..rumit ya.

Pesona Muda: Setelah film “Jomblo”, ada lagi peran kamu yang oke dalam I Sinema “Ujang Pantry”, certain dikit donk kenapa kamu bisa terpilih?
Ringgo: Gak tau ya kata penulis ceritanya, yang cocok mainin untuk peran ujang adalah gw, padahal gw  sendiri gak tau apakah gw pantas atau tidak? Semua itu orang yang menilai, tapi bener lho pas banget (komentar pesona muda..:P). Si penulis melihat karakter sunda sedangkan gw di “Jomblo” berperan sebagai  anak muda yang sunda, dan dicerita ini gw berperan sebagai seorang yg lebih kampung dan polos. Terpilihnya lewat telepon, pas baca skripnya bagus dan gw jalanin sampai 2 episode…hebat oi..

Pesona Muda: Selain itu Mas Ringgo merambah menjadi Hostnya MTV Gokil, kok bisa dan dikontrak berapa lama?
Ringgo: Alhamdulilah MTV Gokil dah kelar (52 episode), ada beberapa tmn gw yang kerja disana dan dari mereka gw dikenalin ke Bos MTV. Dipanggil jam 7 malam, besoknya jam 7 pagi harus dah mulai padahal sebelumnya gw harus pulang ke Bandung, tidur cuma 2 jam. Dicoba eh akhirnya mereka suka nah jadilah sampai 52 episode.

Pesona Muda: Nah pernah dikerjain gak pas jadi Hostnya MTV Gokil?
Ringgo: Pernah, pas gw ngerjain orang dan ternyata orang tersebut dah kerjasama ma produser gw dan disuruh ngerjain gw, pas gw bilang, “mas masuk MTV Gokil..eh ternyata dia marah-marah, pokoknya ekspresi muka ancur banget, dia ancam gw mo dimasukin penjara..serem..”

Pesona Muda: Pernah ngelakuin hal yang paling gokil gak seumur hidupmu?
Ringgo: Tahun 2003 pas gw siaran malam di OZ (distudio Cuma ada 3 orang), gw “naked alias telanjang”…wah..wah. Gw pengen nyobain aja seenggaknya harus ada yang gw perbuat untuk radio ini. Kalau siaran pagi, gw cuma pake celana dalam doank dan kadang buka baju…:P  

Pesona Muda: Tipe cowok kayak apa sih seorang Ringgo!
Ringgo: Gw tipe cowok yang adaptatif, kalau ketemu cewek yang agak tomboy, oke gw bisa jadi laki banget, kalau ketemu cewek yang humoris, gw bisa jadi humoris. Gw orangnya gak merencanakan, gw selalu menjadikan segala seuatu yg ada di depan gw surprise aja. Go with the flow aja. Apa yang ada didepan gw gw kerjain dan gw percayai itu. Jeleknya gw orang yang gak punya obsesi. Cita-cita gw pendek bisa nikah, nyekolahin anak sampai tua..Hidup gak usah dibuat ribet. Gw justru lebih ngehargain waktu untuk bisa kumpul ma keluarga, teman-teman dan gw gak pengen waktu gw keambil semua untuk kerjaan. Gw orangnya cepet puas, gw gak pernah iri. Gw ngerasa hidup gw dah cukup. Kerjaan yang gw rasa mampu itu yang gw ambil, meskipun duitnya gak banyak tapi kalau gw seneng dengan kerjaan gw.

Pesona Muda: Kalau disuruh milih angka nih dari 1 sampai 10, hayo mo yang mana dan alasannya kenapa?
Ringgo: Angka 8, lucu aja bullet-bulet, punya 8 rumah oke, 8 mobil oke..hehehe. Angka yang tak berujung.

Pesona Muda: Punya benda yang selalu menemanimu kemana-mana, musti dibawa dan gak boleh ketinggalan?
Ringgo: Tas hijau, dan kaleng yang isinya parfum.

Pesona Muda: Soal rencana kedepannya gimana nih?
Ringgo: Kalau film, gw main film Pocong 2 (Sekuel film Pocong 1) yang alhamdulilah udah kelar shooting, film ini adalah sebuah sekuel tapi kalau gak nonton yang pertama gak papa, ceritanya dibuat baru lagi tapi masih ada kaitannya dengan Pocong 1. Di film tsb gw jadi tunangannya Revalina. Film tsb Insya Allah akan keluar desember. Terus ya dalam waktu dekat ini kalau gw punya duit, gw pengen berangkatin Orang Tua gw naik Haji lagi..so sweet..amin..

Wah…tak terasa waktu berjalan dengan cepat dan hari sudah sore, makasih ya mas Ringgo atas obrolan santainya, makasih juga buat Mas Rommy selaku manajer yang udah ngasih ijinnya dan semua crew Jomblo…Sukses terus buat Ringgo!!

Biodata

Nama Lengkap: Ringgo Agus Rahman
Nama Panggilan: Ringgo/Agus/Ingo
Tempat/tgl Lahir: Bandung, 12 Agustus 1982
Anak ke 3 dari 5 bersaudara
Hobi: Musik
Olahraga: Jingkrak-jingkrak denger musik rock !!!
Makanan Favorit: Sop laki kambing
Jenis Musik Favorit: Rock!!
Jenis Film Favorit: Komedi romantis
Aktor dan Aktris Favorit: Didi Petet dan Febby Lawrence
Warna Favorit: Merah
Tempat Hangout: Tempat ngupi-ngupi
Pendidikan: Masih kuliah ekonomi (UNPAR)
Tinggi/berat Badan: 173/68 kg
Ukuran Baju: M/L
Ukuran Celana: 32/33
Busana Favorit: Busana gede bage/busana pasar
Hal Yang Disukai/Tidak Disukai: Duit/duit palsu, cinta/cinta palsu

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>