Patisserie Francois

Cita Rasa Indonesia Ala Perancis

Patisserie Francois, sebuah outlet café yang menyediakan berbagai macam kudapan ala Perancis (dessert) serta minuman dingin dan panas, begitu juga beberapa jenis makanan berat. Menu yang dihidangkan sangat pas untuk kebutuhan meeting dan pelengkap kawula muda tatkala hangout. One stop  dessert café, sebuah konsep yang ditawarkan oleh Patissere Francois, sebuah konsep yang pas untuk kebutuhan rutinitas warga kota besar untuk menghilangkan kepenatan ataupun hanya sekedar membunuh waktu.

Outlet yang berada di Plaza Indonesia lantai 2 west lobby ini terbilang cukup cozy, dengan fasilitas wi-fi disetiap mejanya, musiknya yang lembut dan suasana yang tidak terlalu berisik, serta tidak banyak orang lalu lalang menambah betah untuk berlama-lama apalagi ditemani dengan dessert-dessert serta minuman Patisserie Francois yang yummy banget.

Menyajikan sekitar 200 an petit fours (dalam bahasa Prancis berarti kue kecil), tidak ketinggalan jenis kue jajanan pasar yang sudah dimodifikasi yang tentunya tetap disesuaikan dengan lidah orang Indonesia seperti lemper, kue sus, risoles dan dadar gulung.

Frozen dessert (froyo) dan Cold Dessert bisa jadi pilihan untuk rasa yang lebih segar, Fromelletes misalnya, kue lapis yang dikombinasikan dengan frozen yoghurt, buah peach dan strawberry serta saus karamel diatasnya, rasa asam dan manis pada froyo serta legitnya kue lapis, hmmm benar-benar membuat ketagihan. Ada pula Bananatoff, sajian pisang kebetulan yang digunakan menggunakan pisang Sun Pride yang disajikan diatas piring lonjong dengan saus karamel diatasnya, kemudian di siram dengan butterscoth (sejenis alkohol) dan disulut dengan api. Api menyala diatas piring saji kemudian ditaburi bubuk kayu manis tidak ada semenit apipun padam, setelah itu saus cokelat disiramkan pada pisang dan hidangan siap untuk disantap. Inilah atraksi flambe yang berarti menyala, kobaran api pada penyajian menu ini selain sebagai visualisasi penyajian juga mempengaruhi rasa dari pada menu Bananatoff.

Lasagna, Fettuccini, Pastel Tutup, Macaroni Schootel dan Spaghetti Bolognaise bisa menjadi pilihan menu makan siang. Pastel Tutup tradisional yang disajikan berupa kombinasi sayuran, daging ayam, sosis, telur dan kentang tumbuk, porsi yang benar-benar mengenyangkan. Bila kamu menyukai menu spaghetti dengan potongan keju diatasnya membuat lidah semakin tidak berhenti hingga suapan terakhir, karena kamu tidak layak untuk menyisakan menu-menu yang super yummy itu.

Gak lengkap rasanya kalau tidak ditemani minuman sebagai penghantar kesegaran tenggorokan dan juga menghangatkan suasana. Beberapa jenis minuman dingin dan panas tersaji disini dengan pilihan Bean & Leaft nya, Yup! kopi dan teh. Espresso jenis minuman lama tapi tetap menjadi daya tarik, berbagai aneka modifikasi minuman dan racikan sendiri antara lain Oreo Blast Coffee, Truffle Espresso Coffee. Untuk yang menyukai teh ada pilihan Fruit Ice Tea Delight, Ice Blended Greentea Latte. Benar-benar memanjakan lidah. Masih soal memanjakan lidah dengan berbagai  minuman ada lagi jenis minuman yang gak kalah serunya Froyo Smoothies Delight dengan berbagai pilihan rasa buah seperti, strawberry, peach, lychee, passion fruit, mango dan blueberry, Ice Flavored Latte dengan beberapa rasa spesial, Caramel, Hazelnut, French vanilla, Irish Cream dan Tiramisu

Untuk diketahui, Patisserie Francois sebenarnya sudah ada sejak tahun 1973, dan mulai delapan tahun yang lalu mulai diperbaiki konsepnya dan memperbaharui logo, “kita selalu memodifikasi menu-menu yang sudah ada yang tidak begitu  laku juga membuat menu-menu baru”, ujar Pascal Lasmana pemilik dari Patisserie Francois ini.

Diakuinya bisnis yang dikelolanya ini berasal dari sang mama yang memang hobi memasak, dan kebetulan juga karena kesehariannya dihadapkan dengan kuliner secara tidak langsung dirinyapun menyukai bidang ini.

Gelar kesarjanaan dari bidang perhotelan dan memasak dari Institute of Seattle Culinary Art dan International College of Tourism and Hotel Management menjadikan dirinya seperti sekarang selain pandai memasak juga handal dalam me-manage bisnis kulinernya.

Walaupun di lingkungan Plaza Indonesia namun harga yang dibandrol sangatlah terjangkau, mulai dari Rp 3.000,- sampai Rp 12.000,- . Sedangkan untuk minuman di bandrol sekitar Rp 10.000,- sampai Rp 30.000,- 
Jika kamu ingin bertandang ke Patisserie Francois, maka open hoursnya mengikuti jam buka dan tutupnya Plaza Indonesia. Cepetan deh kesana, kamu gak akan kecewa! (JY/Foto : dokumen Patisserie Francois)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>