Mengenal Lebih Dekat PT. Yakult Indonesia Persada Melalui Kunjungan Ilmiah

gambar 1 (FILEminimizer)Pada tanggal 7 April 2015 mahasiswa BSI Cikarang dan Karawang melaksanakan kegiatan kunjungan ilmiah ke PT. Yakult Indonesia Persada yang berada di desa Pasawahan Cicurug, Sukabumi. Kunjungan kali ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa kepada dunia industri sekaligus menambah pengetahuan serta ilmu yang telah diperoleh dibangku kuliah. Kunjungan ini diikuti oleh mahasiswa/i semester empat program studi Sistem Informasi Akuntansi. Dalam kunjungan tersebut seluruh peserta didampingi oleh dosen pendamping di antaranya Anjar Nugroho, Maulana Jodi Prayogo dan Tri Haryati.

PT. Yakult Indonesia Persada berdiri sejak tahun 1990 di Indonesia, sebagai pemegang lisensi dari Yakult Honsha Co., Ltd., Jepang. Pabrik yang memiliki luas lahan 50.000m2 ini mulai beroperasi pada tahun 1997 dan mulai memproduksi sekitar 3.000.000 lebih botol yakult setiap harinya. Pada tahun 1930, Dr. Minoru Shirota, seorang dokter lulusan Kyoto Imperial University-Jepang, berhasil menemukan bakteri asam laktat yang bermanfaat untuk menekan pertumbuhan bakteri merugikan yang hidup di dalam usus manusia. Bakteri ini kemudian dinamakan Lactobacillus casei Shirota strain. Pada tahun 1935, Dr. Minoru Shirota berhasil menciptakan minuman probiotik Yakult yang mengandung bakteri berguna Lactobacillus casei Shirota strain yang bermanfaat bag pencernaan manusia.

Banyak pengalaman baru yang kami dapatkan ketika mengunjungi pabrik Yakult. Salah satunya adalah kami berkesempatan berkeliling pabrik yang dipandu oleh Bapak Bambang untuk melihat proses produksi minuman Yakult secara langsung mulai dari proses pengembangbiakan bakteri baik L. Casei Shirota Strain, proses fermentasi hingga proses pembuatan kemasan botol yakult. Selanjutnya kami diajak ke aula dan disambut oleh bapak Kennedy sebagai staf marketing dari PT. Yakult Indonesia Persada. Selanjutnya kami diberikan penjelasan mengenai manajemen yang dilakukan oleh PT. Yakult Indonesia Persada mulai dari manajemen sumber daya manusia hingga bahan yang digunakan untuk membuat minuman yakult. Kamipun juga diberikan penjelasan mengenai sistem distribusi dan pemasaran produk yakult hingga sampai ke tangan konsumen.

Acara di aula berakhir pukul 13.00 dan diakhiri dengan foto bersama dan pemberian pesan kesan dari salah satu mahasiswa dimana diwakili oleh ketua dari HMJKA Cikarang, Dede Firman serta penyerahan cinderamata dari pihak BSI yang diwakili oleh Bapak Anjar sebagai pendamping.

Pada akhirnya, dari kunjungan industri ini kami banyak mendapatkan banyak wawasan dan ilmu-ilmu baru tentang PT. Yakult Indonesia Persada mulai dari produksi, manajemen sumber daya manusia, manajemen distribusi hingga manajemen pemasaran. Semoga ilmu yang diperoleh dapat dimanfaatkan dan diaplikasikan oleh mahasiswa Bina Sarana Informatika. (AGO/TRT)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>