mama

Berawal dari seorang pengusaha frustasi akibat krisis ekonomi tahun 2008 , Jeffrey membunuh rekan kerjanya dan  istrinya sendiri dan kemudian  melarikandiri bersama 2 putrinya Victoria – 6 tahun dan Lily – 1 tahun.  Dalam perjalanan mobil Jeffrey jatuh tergelincir dan terperosok ke jurang.  Mereka bertiga selamat dan menemukan sebuah kabin yang tak berpenghuni.  Jeffrey yang telah menyiapkan pistol berencana membunuh kedua anaknya dan bunuh diri. Namun sebelum ia membunuh kedua anaknya , sesosok makhluk menariknya dan membunuhnya. Sementara Victoria dan Lily yang kini sendirian tampak duduk di samping perapian dan tampak sesosok misterius memberikan buah cherry dari kegelapan.

 

5 tahun berlalu Lucas (Nikolaj Coster-Waldau) saudara laki-laki Jeffrey tak pernah berhenti mencari keponakannya.  Usaha nya berhasil, orang yang ia sewa berhasil menemukan Victoria(Megan Charpentier) dan Lily (Isabelle Nélisse) di kabin tak berpenghuni, namun kondisi kedua anak tersebut  sangat mengenaskan.  Victoria dan Lily bertingkah layaknya binatang yang berjalan menggunakan tangan dan kaki.

 

Victoria dan Lily kini di perebutkan hak asuhnya oleh Lucas dan Jean, bibi dari ibu mereka.  Dr. Gerald Dreyfus (Daniel Kash) bersedia membantu lucas mendapatkan hak asuhnya asalkan ia punya akses untuk meneliti keduanya. Dr Dreyfuss rupanya tertarik akan sosok mama yng selalu Victoria dan Lily gambar dan bicarakan.

 

Annabel(Jessica Chastain) istri lucas yang kini sendirian mengurus keponakannya setelah Lucas menderita koma akibat terjatuh dari tangga akibat serangan mama..  Victoria yang mulai dekat dengan Annabel memperingatkan Annabel bahwa mama cemburu dengan keberadaan Annabel.  Annabel yang merasa ada yang tidak beres menghubungi Dr. Dreyfuss untuk menyelidiki.

 

Dr Dreyfuss menganggap mama adalah sosok rekaan Victoria dan menganggap Victoria sendirilah mama.  Dalam investigasinya Dr. Dreyfuss menemukan fakta bahwa ada  kesamaan seorang wanita bernama Edith dari sebuah rumah sakit jiwa di akhir abad 18  dengan sosok mama yang Victoria bicarakan. Annabel sendiri mendapatkan mimpi Edith yang kabur sambil membawa bayinya dan kemudian bunuh diri terjun dari tebing laut.  Namun  Tragisnya bayinya tersangkut di dahan pohon  sementara dia sendiri tewas menghantam laut.  Annabel menyadari bahwa Edith masih belum tahu apa yang terjadi pada bayinya, dan menemukan penggantinya pada diri Victoria dan Lily

 

Mama yang berhasil membawa Victoria dan Lily kembali ke kabin dengan meminjam raga Jean ingin mengulangi peristiwa bunuh diri ratusan tahun yang lalu.  Annabel dan Lucas yang sudah sadar dari komanya berusaha mempertahankan  kedua keponakannya.  Victoria memilih untuk tetap bersama mereka namun Lily memilih bersama mama.  Lily dan mama kemudian terjun bersama ke jurang dan ketika mengantam cabang pohon yang dahulu menahan bayi mama, mereka berdua hancur berubah menjadi kupu-kupu.

 

Disutradarai Andres Muschietti dan di produseri Guilermo Del Toro yang terkenal dengan Pan Labyrinth dan Hellboy ini berhasil mengemas film horor dengan balutan humor tentang tingkah anak-anak dan suspense horor ala Holywood. Sebuah pesan yang tampaknya ingin di sampaikan bahwa ,  seburuk apapun sosok mama, dia tetaplah ibu yang di cintai anaknya sepenuh hati. (joko)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>