Lowride Bike, “Slow and Enjoy Riding”

 

Melirik kehidupan para Mexicans yang menjadi pioneer lahirnya lowride bike. Sebenarnya darimana sih istilah lowride bike berasal dan apakah nilai atau filosofi yang terkandung pada sepeda gaul’ itu? Untuk mengetahuinya, kencangkan sabuk pengaman, yuk Sobat PESONA MUDA, kita bersama-sama terbang ke kehidupan para mexicans terdahulu…..yuhuuuu!

Well,..Berbicara tentang sejarah dan filosofis, nampaknya tidak banyak yang mengenal asal muasal sepeda itu. Mengenal sejarah dan nilai yang terkandung dalam lowride, Pada awalnya lowride bike muncul dari kebutuhan para imigran Chicanos yang berasal dari Mexico. Imigran Chicanos merupakan kaum miskin kulit hitam mexico yang sempat terkesampingkan dibalik ‘jubah’ kekuasaan kaum kulit putih di negerinya. Kehidupan yang sangat miskin, membuat kaum Chicanos bergantung pada sistem bercocok tanam. Suatu ketika, kaum Chichanos membutuhkan suatu alat mobilisasi yang mana  bahan-bahan pembuatannya dapat diperoleh dengan mudah dan murah. Dari sinilah mereka mulai menciptakan suatu kendaraan yang simple namun dapat digunakan untuk melakukan suatu perjalanan. Kendaraan tersebut kemudian menjadi cikal bakal lowride bike

Ada sebuah statement orang mexicans dan chicano banggakan atau bisa dikatakan sebagai prinsip kaum chicano, berbicara tentang perjungannya dalam menata hidup.:

“The only thing important today in the majority of races living in the United States is “Me” agenda. Selfish pursuits of pipe dreams ending in lonely abandoned old age misery that grasps out of the darkness trying to steal companionship from those who chose a different path. No family, no friends only your material possessions to keep you company in cold silence”

Lama kelamaan orang-orang chicano ini mendapatkani peningkatan financial, maka untuk kemudian, kendaraan mereka di modifikasi. Mereka menambahkan chrome berupa cat kental dan memodifikasinya dengan beragam bentuk. Kaum Chicanos sengaja mendesain sepeda dengan model rendah karena hal itu mencerminkan karakter kaum yang bersifat ‘low profile’. Mereka mendesain sepeda dengan model simple, karena mereka ingin memunculkan konsep santai dalam penggunaannya, maka tidak heran bila lowride dikendarai dengan santai (tidak bisa kebut-kebutan) itu karena konsep santai yang mereka bangun.

“Slow and enjoy riding..” atau lambat dan menikmati berkendara, kata itulah sekiranya yang pantas dideskripsikan ketika mencoba lowride bike. Bagi mereka, lowride bike menjadi sebuah kebanggaan tersendiri yang didapat dari mempertahankan culture dan silsilah (sejarah). Mereka membuat suatu alat bantu dari taraf hidup yang rendah dan menjadikannya sebagai suatu kebanggaan bagi kaumnya.

Seiring perkembangan jaman, keberadaan lowride bike mulai terpublikasi secara luas. Model pertama yang  keluar adalah Schwinn. Lowride bike, mulai booming pada tahun 1960 an. Costum dipopulerkan oleh George Barris. Pada tahun 1963, muncul versi baru  ‘new cruiser’ hingga pada akhirnya diikuti munculnya banyak versi low ride bike yang mengesankan.

Wabah lowride bike kemudian mulai menjamur, banyak orang yg menghabiskan ratusan dollar untuk mempercantik sepedanya agar bisa show off, karena menjadi satu kepuasan tersendiri bagi mereka disaat bisa mengcostume Lowride bike, apalagi bila hasil yang mereka buat menjadi suatu karya luar biasa yang dilirik orang banyak.

Lowride bike, bernapas bersama kehidupan anak muda LA. Banyak anak muda LA yang karena kecintaannya pada lowride bike mulai menghentikan aksi kriminalnya dan mencoba untuk modifikasi sepeda. Tanpa diduga, ternyata sepeda dapat merubah kehidupan ‘anak liar’ menjadi lebih positif dan kreatif.

Setelah mengalami perkembangan pesat di LA, baru kemudin Lowride mewabahi mancanegara. Dalam perkembangannya, kemudian muncul bentuk sepeda yang lebih lebih serius, yang sering disebut BMX. Namun pada kenyataannya kini, ‘keunikan’ lowride bike dianggap lebih ‘menggigit’ bagi anak-anak muda yang modern dan dinamis. (Anggie/berbagai sumber)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>