Lokakarya Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Berbasis E-Learning

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme sistem belajar mengajar (pendidikan) berbasis TI menjadi tidak terelakan lagi. Metode yang terkenal dengan sebutan e-learning membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (content) maupun sistemnya. Saat ini metode e-learning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, terbukti dengan maraknya implementasi e-learning di lembaga pendidikan (sekolah, perguruan tinggi dan training center).

Berkenaan dengan hal tersebut maka Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) menyelengarakan lokakarya dengan tema “Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Berbasis e-Learning” yang diselenggarakan di hotel Atlet Century Park, Ball Room Kridangga Senayan, Jakarta, 25/03/15.

Dalam penyelenggaraan APTISI kali ini, Dr. Mochamad Wahyudi, MM, M. Kom , M. Pd , Ketua STMIK Nusa Mandiri, bertindak sebagai ketua pelaksana. Dihadiri oleh segenap pimpinan perguruan tinggi dan ketua teknologi/sistem informasi atau pejabat lain yang ditunjuk oleh pimpinan perguruan tinggi yang perguruan tingginya tertarik untuk mengembangkan model Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), baik dalam bentuk pembukaan program studi baru berbasis Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) maupun sekedar ingin mengetahui model Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) menggunakan e-Learning yang akan diterapkan pada perguruan tinggi masing-masing sebagai tambahan model pembelajaran yang telah ada.

Diawali dengan pembukaaan oleh Ketua APTISI Pusat, kemudian acara dilanjutkan dalam tiga sesi pembicara diantaranya : sesi pertama dengan pembicara Ridwan Roy Tutupoho (Kasubdit Pembelajaran Ditbelmawa DIKTI & Moderator Gunawan Suryoputro/Wakil Sekjen APTISI Pusat) dan dimoderatori oleh Dr. Gunawan Suryoputro. Dilanjutkan dengan sesi kedua dengan pembicara R. Eko Indrajit & Moderator Eddy (Ketua APTISI Pusat) dan pembicara di sesi terakhir Suyanto (Ketua STMIK AMIKOM Yogyakarta) dan Arief Bahtiar (ITB) dengan Moderator Mochamad Wahyudi (Ketua STMIK Nusa Mandiri).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>