‘ HER ‘ kisah OS yang jatuh cinta

Mungkinkah seorang manusia jatuh cinta kepada sebuah OS (Operating System) ? jawabnya bisa. Theodore Twombly (Joaquin Phoenix) seorang karyawan yang bekerja untuk membuatkan pesanan sebuah jasa penulisan surat pribadi BeautifulHandwrittenLetters.com mempunyai kemampuan membuatkan surat yang sangat penuh makna untuk klien nya. Atasan Theo pun memuji kemampuan nya ini.  Namun hal ini berbanding terbalik dengan hidupnya yang diambang perceraian dengan istrinya (Rooney Mara).  Hidup seorang diri tampaknya membuat Theo menjalani rutinitas membosankan setiap harinya.

Sampai suatu saat Theo membeli sebuah OS pintar yang baru di luncurkan sebuah perusahaan software. OS ini mempunyai kemampuan artificial intelegent.  OS yang menamakan dirinya Samantha(Scarlett Johannson) ini berhasil membuat Theo takjub.  OS yang dapat berinteraksi langsung dengan usernya layaknya manusia ini merubah hidup Theo.  sampai pada akhirnya Theo menyadari bahwa dirinya jatuh cinta pada Samantha.  Samantha yang terus berkembang ternyata memiliki ‘perasaan’ yang sama.  Samantha juga menyatakan cintanya pada Theo.

Hal yang luar biasa terjadi, Samantha meminta bantuan seorang gadis dari internet yang terharu dengan kisah cinta mereka.  Si gadis ini bersedia untuk mewakili fisik Samantha untuk bisa berhubungan intim dengan Theo.  Namun Theo yang merasa janggal untuk berhubungan dengan wanita yang tidak dia kenal membatalkan rencana Samantha.

Theo baru menyadari ternyata tidak hanya dia yang jatuh cinta dengan OS seperti Samantha.  Mantan pacarnya dulu yang kini juga ditinggal suaminya ternyata juga berhubungan dengan OS dengan karakter laki-laki. Seperti Halnya Samantha, OS laki-laki ini juga berhasil memikat hati rekannya.

Samantha selain sebagai OS di luar dugaan sangat membantu pekerjaan Theo, bahkan surat yang pernah ia buat oleh Samantha sengaja dipilih yang bagus dan dikirimkan ke sebuah penerbitan untuk bisa di jadikan buku.  Pertanyaannya yang timbul adalah; akankah Theo kembali ke realitas bahwa dia hanya mencintai sebuah OS atau tetap menjalin hubungan dengan meniadakan kenyataan bahwa OS bukanlah makhluk hidup sesungguhnya ?

Ide cerita ‘Her’ memang terbilang baru. Beberapa film memang pernah membuat kisah tentang seorang artifial intelegence, sebutlah  seperti A.I atau i.Robot. Namun nuansa yang di bawakan film ini berbeda dengan film yang beride sama. Her begitu romantis dan elegan.  Scarlet Johansen sanggup menghidupkan karakter Samantha yang sensual dan ceria walau hanya lewat suara dan mungkin bisa membuat penonton berimajinasi tentang rupa dan fisik Samantha.  Ide yang Gila menurut saya tentang bagaimana canggihnya sebuah OS hingga bisa membuat penggunanya jatuh cinta namun bisa diramu dengan sangat baik. (joko)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>