Hacksaw Rigde Kisah Pahlawan dalam Perang

review-film-hacksaw-ridge-kembalinya-mel-gibson-bms

XXI Blok-M Square, Bercerita mengenai Desmond T. Doss (Andrew Garfield), seorang dokter tentara Amerika Serikat yang menolak membawa satu pun senjata dalam peperangan, karena keyakinan yang ia anut. Dalam pertempuran Okinawa di era Perang Dunia kedua, Desmond berhasil mengevakuasi 75 orang tentara, sendirian, dan tanpa satu pun peluru ia tembakkan. Doss menjadi satu – satunya tentara yang tidak pernah mengangkat senjata selama perang dunia kedua. Selain itu, dia menjadi orang pertama yang menuntut haknya untuk tidak sepenuhnya mengikuti perintah militer dalam sejarah Amerika Serikat, yang dianugerahi penghargaan tertinggi tentara Amerika, yaitu Medal of Honor.

Desmond Doss terus dipandang sebelah mata, apalagi ditambah dengan postur tubuhnya yang kecil dan tak berisi. Banyak orang menilai ia tidak akan banyak berguna di medan perang. Namun siapa sangka, tugas Desmond sebagai tentara paramedis ternyata mengukir sejarah baru dalam perjalanan military di Amerika Serikat. Pria asal Virginia itu menjadi satu-satunya paramedis yang berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi “Medal of Honour” dari pemerintah Amerika Serikat. Desmond dianggap sebagai pahlawan yang telah berjuang menyelamatkan nyawa puluhan tentara yang bertugas di medan perang. Wow!

hacksaw-ridge-1

Dalam menit pertama hingga menuju pertengahan adegan film hacksaw Rigde mungkin perasaan anda dalam menonton film ini masih biasa saja. Tapi ketika film sudah berada dipertengahan berjalan, pastinya kamu akan melihat mayat berserakan, darah, tengkorak, jeroan, bahkan potongan tubuh manusia yang hancur lebur terkena bom saat perang berlangsung dan itu membuat kamu seakan tidak akan melihatnya tapi kamu tidak beranjak dari tempat duduk kamu.

Tidak berlebihan rasanya jika menyebut Andrew Garfield bermain dengan begitu apik. Tak lagi kental dengan image Spiderman, perannya sebagai Desmond Doss seakan mematahkan image Garfield yang selama ini dikenal dengan peran-peran amannya. Mantan kekasih Emma Stone ini tampil memukau saat memainkan perannya sebagai tentara cupu yang memiliki keteguhan hati nan kuat. Saat melihat Garfield di film ini kita seolah diajak untuk memutar waktu dan melihat the real Desmond Doss di masa mudanya. Muda, lugu, dan cupu dengan gaya bicaranya yang khas.

sp-mg-20160729-164818-hacksaw-ridge-movie__146

Sebagai seorang sutradara, Mel Gibson terbukti sukses menyajikan adegan drama dan perang yang memilukan hati. Menelan biaya produksi sebesar Rp 523 miliar, Gibson mampu memvisualisasikan dengan baik betapa kejamnya pertumpahan darah di masa Perang Dunia II. Adegan-adegannya pun terasa sangat real yang terlihat dalam scene-scene fighting, baku tembak, dan ledakan bom menggelegar yang mampu membawa suasana mencekam.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>