Cahaya Dari Timur : Beta Maluku

Glen Fredly kini merambah ke jalur film.  Cahaya Dari Timur yang di produseri olehnya menceritakan tentang perjuangan seorang tukang ojek di kala kerusuhan Ambon tahun 2000.  Kerusuhan Sara yang terjadi di ambon kala itu banyak merenggut nyawa warga Maluku.  Sani Tawainella (Chico Jericho) yang tergugah hatinya karena melihat seorang anak kecil menjadi korban kerusuhan berusaha mencegah anak-anak di desanya ,desa Tulewu untuk mengalihkan perhatian anak-anak dari menonton kerusuhan ke latihan sepakbola.

Awalnya banyak yang mencibir namun sanny tetap tak bergeming dan mengumpulkan anak-anak yang mempunyai bakat alami sepakbola bersama kawannya.  5 tahun telah berlalu, anak-anak didikannya kini telah besar dan di hadapkan pada sebuah kompetisi bola lokal. Namun Sany yang juga tengah dalam kesulitan ekonomi keluarganya dihadapkan pada kenyataan bahwa keluarganya kini dalam masalah.  Istri sani menanggap sany terlalu mementingkan anak-anak didiknya dibandingkan dengan keluarganya. Ditambah dengan kawannya kini mendirikan sekolah bola tempat anak didiknya berlatih tanpa sepengetahuannya dengan nama Tulewu Putra.

Sani dihadapkan pada banyak masalah. Setelah tidak mengajar anak-anak Tulewu Sani  kemudian di minta untuk bergabung dengan SMK Passo yang merupakan sekolah Kristen, hal ini kembali membuka luka lama anak-anak tulewu yang rata-rata beragama islam tentang kerusuhan 5 tahun lalu. Selain itu Sani juga harus bisa menyatukan anak-anak korban kerusuhan ini untuk kembali berjuang di kompetisi nasional under 15 di Jakarta. Sanggupkah Sani memikul beban dan tugas ini ?

Cahaya Dari Timur merupakan sebuah kerja keras dari selama 4 tahun yang di gawangi oleh Glen Fredly.dan Angga Sasongko. Merasa harus berbuat sesuatu pasca konflik agama di Maluku maka diangkatlah  Kisah Sany yang berawal dari hanya seorang tukang ojek menjadi seorang pemersatu anak-anak menjadi inspirasi besar bahwa konflik bisa di satukan lewat berbagai cara, salah satunya lewat olahraga.  Film yang patut di acungi jempol ini sangat layak untuk menjadi inspirasi bagi keluarga sobat semua. (joko)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>